INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Kalipurwo Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen 

BUDI DAYA TANAMAN KANGKUNG

BUDI DAYA TANAMAN KANGKUNG

Kangkung merupakan tanaman sayuran yang mudah untuk dibudidayakan. Kangkung juga merupakan sayuran yang paling populer di konsumsi oleh masyarakat, selain memiliki harga yang cukup terjangkau dan khasiatnya pun sangat tinggi. Kangkung memiliki dua jenis yaitu kangkung darat dan kangkung air. Keduanya menunjukkan ciri dan karakteristik yang berbeda. Di kalipurwo banyak sekali petani yang menanam kangkung di sawah atau poly bag. Bahkan hampir separo lebih warga desa kalipurwo menanam tanaman tersebut, kangkung menjadi andalan petani khususnya untuk menopang hidup sehari-hari karena kangkung bisa panen hanya dengan umur 20 s/d 25 hari sudah panen, lahan pertanian yang luasnya kurang lebih 115 Hektar hampir 10 Hektar sudah di tanami sayuran kangkung.

Perawatan

Terdapat tiga jenis perawatan yang dapat dilakukan dalam budidaya kangkung. Perawatan pertama adalah penyiangan. Penyiangan dilakukan dengan tujuan agar tidak ada tumbuhan pengganggu di sekitar tanaman. Tumbuhan pengganggu antara lain adalah rumput liar dan gulma. Penyiangan harus dilakukan secara rutin. Jenis perawatan kedua adalah pengairan. Pengairan dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Jika musim penghujan, maka tidak perlu dilakukan pengairan. Sedangkan pada musim kemarau, perlu dilakukan pengairan setiap satu kali sehari. Perawatan ketiga adalah dalam penjagaan terhadap hewan pemakan kangkung. Buatlah pagar untuk melindungi tanaman kangkung Anda dari mamalia atau lakukan penyemprotan pestisida untuk membunuh hama.

Apabila perawatan di lakukan dengan baik maka akan memperoleh hasil yang baik pula menurut petani harga kangkung di bulan juli sampai Rp. 10.000,- / ikatnya ( spj

Kalipurwo, _31 Juli 2023_

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter