INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Kalipurwo Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen 

KERAJINAN LAYANGAN MUSIMAN DI KALIPURWO

KERAJINAN LAYANGAN MUSIMAN DI KALIPURWO

Menurut sejarah Cina memang dikenal sebagai negara penemu layang-layang pertama di dunia. Diperkirakan layang-layang sudah ada di Cina sejak ribuan tahun yang  lalu.

Namun ternyata, layang-layang tertua di indonesia terdapat dalam sebuah gua prasejarah dalam bentuk lukisan di pulau Sulawesi. Tepatnya Desa Liang Kabori Pulau Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara, Gua Sugi Patani 4000 tahun sebelum masehi, ini di kutip dari ( GridKids.id – Kids )

Sampai dengan saat ini layang-layang masih di lestarikan dan menjadi tradisi atau hiburan petani di desa manakala setelah musim tanam 2 usai, untuk mengisi waktu luang di sela-sela kesibukan orang desa bermain layang- layang.

Layang- layang adalah salah satu permainan tradisional yang cara memainkannya dengan menerbangkannya ke udara mengandalkan angin dan ketangkasan mengulur dan menarik benang.

Pengrajin musiman pembuatan layangan di kalipurwo pada minggu (10/09/2023). Membuat kerajinan berupa layang-layang sebut namanya Oval warga RT 01 RW 03. Ketika di tanya berapa besar untuk membuat layangan dengan ukuran 2 m  yang kebetulan waktu itu  sedang membuat layangan dengan ukuran tersebut, ia menjawab dengan rinci.

  1. Bambo Petung berkualitas               Rp.     10.000,-
  2. Kertas/samak cap lang  5 m             Rp.     25.000,-
  3. Lampu                                               Rp.     50.000,-
  4. Sendaren                                          Rp.     10.000,-
  5. Tenaga 2 orang @ 70.000                Rp.   140.000,-
  6. Benang                                             Rp.     30.000,-

Jumlah                                                                   265.000,-

Itu untuk ukuran 2 m untuk ukuran lain biaya menyesuaikan, ketika di tanya juga apa menerima pesanan, ia menjawab dengan singkat  menerima ujarnya ( Spj )

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter