INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Kalipurwo Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen 

KERAJINAN BAMBU DI KALIPURWO

KERAJINAN BAMBU DI KALIPURWO

 

Bambu merupakan bahan lokal yang sudah sangat dikenal di Kalipurwo dan memegang peranan sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Ini dapat dilihat dari banyaknya penggunaan bambu pada berbagai keperluan masyarakat kita sejak nenek moyang kita ada di kalipurwo. Bambu hidup merumpun kadang-kadang ditemui berbaris membentuk suatu garis pembatas dari suatu wilayah desa yang identik dengan batas desa. Di kalipurwo, penduduk sering menanam bambu disekitar rumahnya dicampur dengan tanaman lain untuk berbagai keperluan. Bambu merupakan jenis tanaman yang dikenal luas oleh masyarakat desa pada umumnya. Bambu sudah dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas dalam setiap aspek kehidupan, baik dari aspek ekonomi, ekologi, dan sosial budaya. Bambu sampai saat ini sudah dimanfaatkan sangat luas di masyarakat mulai dari penggunaan teknologi yang paling sederhana sampai pemanfaatan teknologi tinggi pada skala industri. Pemanfaatan di masyarakat umumnya untuk pembuatan alat kebutuhan rumah tangga dan dengan teknologi sederhana, sedangkan untuk industri biasanya ditujukan untuk orientasi ekspor. Salah satu pemanfaat bambu di desa kalipurwo, produk bambu yang khusus dimanfaatkan oleh masyarakat di desa kalipurwo, bapak Joko Priyanto warga desa kalipurwo RT 01 RW 03.

Bambu dapat dijadikan berbagai produk kerajinan yang bernilai estetis dan ekonomi tinggi. Di kalipurwo salah satunya di gunakan untuk membuat BOK atau kandang ayam. Kandang ayam yang di buat ada berbagai ukuran atau bentuknya. Adapun bentuk kandang ayam ada yang dua pintu di samping dan satu pintu serta kandang ayam jantan atau jago.

Kerajinan yang sudah di tekuni oleh bapak joko ini sudah selama 13 tahun yang lalu sampai dengan saat ini produknya masih dalam pasaran lokal dan harganya masih dapat di jangkau. untuk bok satu pintu ukuran sedang/kecil mematok harga Rp. 45.000,- ; untuk bok 2 pintu harga Rp 55.000,- serta ukuran sedang Rp 80.000,- (spj )

 

 

 

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter