INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Kalipurwo Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen 

WARGA DESA KALIPURWO MASIH ANTUSIAS BERGOTONG ROYONG BESIK KUBURAN / MAKOM

WARGA DESA KALIPURWO MASIH ANTUSIAS BERGOTONG ROYONG BESIK KUBURAN / MAKOM

Kalipurwo,22/02/24 Melakukan besik, yaitu pembersihan makam leluhur dari kotoran dan rerumputan. Dalam Kegiatan ini masyarakat dan antar keluarga saling bekerjasama gotong-royong untuk membersihkan makam leluhur.

Salah satu tradisi yang masih dilakukan oleh masyarakat Desa Kalipurwo  adalah tradisi nyadran. Masyarakat Kalipurwo khususnya yang tinggal  menjalankan tradisi nyadran untuk menyambut bulan Ramadan.

Nyadran adalah tradisi masyarakat yang masih mengakar kuat dalam kebudayaan di Desa . Tradisi ini biasa dilakukan untuk menyambut kedatangan bulan suci ramadhan. Nyadran merupakan tradisi yang tercipta dari proses akulturasi antara budaya Jawa dengan budaya Islam.

Sebelum masyarakat desa melakukan ziaroh kubur di lakukan bebersih Makom , bebersih makom bisasnya di lakukan pada hari kamis wage ,  desa kali purwo yang mempunyai 3 dukuh dan 3 makom umum 22/02 /24 di lakukan kerja bakti gotong royong secara serentak , kerja bakit setiap tempat yang di koordinasi oleh kepala kewilayahan , sehabis kerja bakti / besik kuburan di adakan sodakohan , sodakohan di makom ataupun di balai desa , hadir dalam bebersih makom , semua warga desa kalipurwo dan pemerintah desa , harapan dari pemerintah desa mudah mudahan semua warga di beri kesehatan sehingga nanti bisa melaksanakan puasa di  bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi ( spj )

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter