INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Kalipurwo Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen 

MERAWAT BURUNG MURAI AGAR MENANG DALAM LOMBA

MERAWAT BURUNG MURAI AGAR MENANG DALAM LOMBA

Memelihara burung Murai Batu untuk ikut serta dalam lomba harus mengetahui dengan benar bagaimana cara merawat burung Murai Batu untuk perlombaan. Perawatan yang baik bisa membuat burung Murai Batu lebih sering berbunyi atau istilah yang lebih dikenal adalah gacor. Untuk membuat burung Murai Batu milikmu menjadi jagoan dan layak mengikuti lomba kicau, ada beberapa hal yang harus dilakukan secara rutin dalam perawatannya. Tentunya, dengan perawatan yang baik dan berkualitas tinggi, maka kamu akan mendapatkan hasil yang berkualitas sama. Nah, berikut ini adalah pembahasan cara merawat burung Murai .

Di dukuh kalideres desa kalipurwo kecamatan kuwarasan ada gancangan yang di namai gancangan kalideres di situlah tempat bagi pencita murai mengganjang dengan cara masing-masing burung nya agar burung bisa berkicau lebih semangat, hal ini di lakukan biasanya menjelang akan ada lomba burung.

Ketika di tanya mengenai soal memelihara burung salah satu yang punya burung di area gantangan  mas miftahudin menyampaikan ada 5 prinsip agar burung  bisa menang dalam lomba diantaranya :

  1. Rutin di mandikan
  2. Rutin di jemur
  3. Menjaga kebersihan sangkar
  4. Mengatur pola makan yang baik
  5. Melatih atau melakukan plasteran

Memandikan burung murai batu bisa menjadi salah satu cara untuk membuatnya cepat beradaptasi. Nah, sebelum memandikannya, kamu perlu melakukan pengembunan terlebih dahulu. Pengembunan dilakukan dengan cara mengangin-anginkan burung murai batu selama 30 menit sebelum dimandikan.

Selain rutin memandikan burung murai batu, kamu juga harus rutin menjemurnya. Menjemur burung dilakukan usai memandikan burung. Idealnya menjemur hanya dilakukan selama 1 jam saja. Akan tetapi, waktu ini bisa bervariasi tergantung kondisi burung tersebut. Perhatikan juga untuk tidak menjemur burung di dekat jenis peliharaan lain atau akses yang mudah dari hewan yang bisa memangsanya, pastikan selalu dalam keadaan aman.

Tidak hanya rutin membersihkan burungnya, namun sangkarnya juga perlu sangat diperhatikan. Dengan menjaga kebersihan sangkar, tentunya bisa menjadi perlindungan awal untuk mencegah penyakit. Bersihkan sangkar secara rutin dari kotoran atau makanan terjatuh yang bisa jadi sumber penyakit. Rutin ganti tempat air minum agar tetap bersih dan terhindar dari jamur. 

Kicau yang baik berasal dari burung yang sehat. Burung yang sehat tentunya mendapatkan pola dan porsi makan yang seimbang dan sehat. Memberikan makanan yang teratur dapat memastikan ia mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan. Biasanya pemberian makan dilakukan setelah dimandikan. Biasanya burung murai diberikan pakan jangkrik dengan porsi yang cukup, disesuaikan dengan ukuran tubuhnya. (spj)

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2